Categories
Knowledge

Manfaat Utama Menggunakan Sistem Akuntansi di Perusahaan Anda

Jika Anda seorang manajer akuntansi, Anda pasti pernah mendengar tentang sistem akuntansi. Bagi Anda yang belum, sistem akuntansi adalah sejenis software yang mencatat dan memproses berbagai transaksi akuntansi. Meskipun banyak perusahaan telah menggunakan sistem akuntansi otomatis, beberapa masih lebih memilih cara tradisional dalam mengelola pembukuan mereka. Jadi, apa perbedaan antara sistem akuntansi tradisional dan sistem akuntansi otomatis?

Baca Juga: ERP Cloud

Akuntansi Tradisional VS Akuntansi Otomatis

Akuntansi tradisional adalah proses pengelolaan pembukuan dan berbagai transaksi akuntansi secara manual tanpa bantuan software. Dalam akuntansi tradisional, peran akuntan menjadi penting karena merekalah yang harus mencatat, menghitung, dan membuat laporan keuangan yang lengkap dan bebas kesalahan. Biasanya, dibutuhkan lebih dari satu orang untuk melakukan semua tugas tersebut karena dilakukan secara manual.

Sayangnya, kesalahan manusia tidak dapat dihindari dalam akuntansi tradisional. Inilah sebabnya mengapa banyak perusahaan beralih ke yang otomatis.

Akuntansi otomatis masih melibatkan peran manusia untuk memasukkan data, namun sebagian besar proses dilakukan secara otomatis, terutama pencatatan dan pelaporan. Dengan sistem akuntansi otomatis, kesalahan manusia dapat diminimalisir sehingga tingkat akurasinya lebih tinggi dari pada akuntansi konvensional.

Simak Juga: Software ERP

Manfaat Utama Menggunakan Sistem Akuntansi di Perusahaan Anda

  1. Menghemat Waktu dan Biaya

Pembukuan dikenal sebagai tugas yang sangat memakan waktu karena ada banyak transaksi yang harus dicatat dan dihitung. Namun dengan adanya sistem akuntansi, semua prosedur dapat diotomatiskan sehingga dapat diselesaikan dengan cepat. Perusahaan Anda tidak membutuhkan akuntan tambahan untuk melakukan pembukuan dan tugas lainnya sehingga Anda dapat menghemat biaya perusahaan Anda untuk kebutuhan penting lainnya.

  1. Meningkatkan Visibilitas Keuangan

Sistem akuntansi memberikan kemudahan bagi pemangku kepentingan untuk memantau posisi keuangan perusahaan secara lebih komprehensif. Manajemen dapat melacak pengeluaran dan pendapatan serta keuntungan dan kerugian di berbagai unit bisnis dan departemen. Dengan Sistem Akuntansi Andabahkan dapat membuat perkiraan arus kas. Anda dapat melihat semua informasi keuangan perusahaan Anda dalam satu tampilan melalui dasbor keuangan.

Lihat Juga: Netsuite ERP

  1. Meminimalkan Kesalahan

Penghitungan manual memiliki risiko kesalahan yang lebih tinggi, karena untuk memastikan keakuratannya Anda harus bergantung pada ketepatan akuntan. Namun, dengan sistem akuntansi, proses penghitungannya dilakukan secara otomatis. Kesalahan seperti data duplikat juga dapat dideteksi. Akuntan tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengoreksi data dan dapat lebih fokus pada tugas yang benar-benar membutuhkan keahlian mereka.

  1. Meningkatkan Manajemen Aset & Inventaris

Sistem akuntansi yang baik harus dapat dihubungkan dengan aset dan manajemen inventaris perusahaan Anda. Ini berarti bahwa itu harus memungkinkan Anda untuk mengelola aset dan inventaris Anda juga. Sistem Akuntansi memungkinkan Anda menghitung depresiasi aset secara otomatis, melacak biaya inventaris, dan melakukan pengambilan stok dengan lebih mudah.

  1. Menyediakan Data Real Time

Software akuntansi memungkinkan Anda melacak data keuangan perusahaan Anda secara real time. Anda dapat segera mengetahui jumlah pasti uang yang masuk dan keluar kapan saja. Data waktu nyata sangat berguna, karena membantu Anda menghasilkan strategi dan rencana yang tepat untuk meningkatkan pengelolaan keuangan Anda.

Cek Juga: Netsuite Cloud

  1. Meningkatkan Proses Pengambilan Keputusan

Dengan laporan yang lengkap, akurat, dan realtime, para pemangku kepentingan akan dapat mengambil keputusan keuangan yang lebih baik untuk perusahaan. Mereka akan dapat mengetahui proses apa yang paling mahal, biaya mana yang dapat dikurangi, dan seterusnya. Mereka juga dapat memutuskan apakah perusahaan secara finansial siap untuk berinvestasi, berkembang, mempekerjakan lebih banyak karyawan, mencoba strategi pemasaran baru, dan sebagainya.

  1. Memberi Anda Fleksibilitas Tinggi

Software akuntansi berbasis web memberikan kemudahan kepada pengguna untuk melacak informasi keuangan perusahaan mereka dan melakukan tugas akuntansi dari mana saja. Pengguna hanya membutuhkan koneksi internet untuk bisa menggunakan aplikasi melalui web browser.

Selain itu, software akuntansi berbasis web juga dapat digunakan di perangkat seluler apa pun, termasuk smartphone dan tablet. Dengan hak akses yang diberikan (yang dapat diatur oleh admin), pengguna dapat melihat laporan keuangan atau melakukan berbagai proses yang diinginkan kapan pun dan di mana pun.

Kunjungi Juga: Netsuite Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *