Categories
Uncategorized

Anjuran dan Larangan Merekatkan Pipa PVC

Kecepatan dan akurasi diperhitungkan saat merekatkan pipa PVC, jadi hindari kecelakaan dengan panduan ini untuk membuat sambungan kedap udara dengan semen yang bekerja cepat.

Pipa yang terbuat dari polivinil klorida, biasa disebut PVC, digunakan dalam berbagai aplikasi perumahan, dari sistem perpipaan hingga sejumlah proyek kerajinan keren (seperti rak DIY, pengatur, dan bahkan furnitur). Menyambungkan pipa ke sambungan pipa membutuhkan primer dan semen yang diformulasikan secara khusus — bukan perekat biasa, melainkan pelarut kimiawi yang melelehkan permukaan PVC dan kemudian dengan cepat mengeras kembali untuk menyatukan semua bagian. Hasilnya adalah ikatan kedap udara dan anti bocor yang mirip dengan yang Anda dapatkan dengan logam las.

Prosesnya melibatkan pengaplikasian primer ke bagian luar pipa dan bagian dalam fitting, yang membersihkan dan menyiapkan Lem pipa pvc terbaik. Setelah sekitar 10 detik, Anda selanjutnya mengoleskan semen ke area yang sama, lalu memasukkan pipa dengan pas ke dalam fitting dan biarkan semen mengeras.

Meski kedengarannya sederhana, merekatkan pipa PVC mudah rusak, dan jika Anda membuat kesalahan, tidak ada jalan untuk mundur — Anda harus memotong pipa dan memulai dari awal. Jadi perhatikan daftar hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ini untuk memastikan keberhasilan proyek PVC Anda.

JANGAN menggunakan jenis semen yang salah.

Ada berbagai jenis semen (dan primer) di pasaran yang diformulasikan untuk berbagai jenis perpipaan plastik. Baca label dengan cermat dan pastikan untuk memilih semen yang dibuat khusus untuk PVC. Ketahuilah bahwa satu jenis pipa semen yang mungkin Anda lihat di rak dirancang untuk pipa CPVC (chlorinated polyvinyl chloride), yang namanya mirip tetapi bukan pengganti yang dapat diterima. Produsen semen PVC yang populer termasuk Weld-On (lihat di Amazon), Oatey (lihat di Amazon), Gorilla (lihat di Amazon) dan banyak lagi. Sealant

LAKUKAN dry fit.

Sebelum menempelkan pipa PVC, tata semua potongan pipa dan pastikan bahwa setelah tersambung, semuanya pas dan dipotong sesuai panjang yang Anda butuhkan. Kemudian tandai dan beri nomor koneksi jika perlu sehingga Anda tidak merekatkan koneksi yang salah.

JANGAN mengabaikan peringatan keamanan.

Primer dan semen PVC berantakan untuk dikerjakan, dan pabrikan merekomendasikan untuk menghindari kontak mata dan kulit. Sebelum memulai, keluarkan kacamata pengaman (idealnya dengan pelindung samping) dan sarung tangan pelindung. Anda mungkin ingin meletakkan terpal atau handuk di atas permukaan kerja Anda untuk meminimalkan pembersihan yang sulit jika terjadi tetesan. Semen pipa Lem pipa pvc adalah pelarut kimia yang dapat menghilangkan racun berbahaya, jadi pastikan untuk bekerja di area yang berventilasi baik.

JANGAN meninggalkan tepi yang bergerigi.

Setelah Anda memotong pipa PVC dengan alat khusus yang disebut pemotong pipa PVC (lihat contoh di Amazon), pastikan untuk menghaluskan setiap gerinda dari tepi permukaan potongan dengan amplas kasar atau pisau serbaguna. Jika dibiarkan terpasang, gerinda dapat menangkap kotoran yang mengalir melalui pipa, menyebabkan penyumbatan, atau mengganggu keefektifan segel. Pelapis anti bocor

LAKUKAN bekerja dengan cepat.

Setelah Anda mengaplikasikan primer, Anda hanya memiliki waktu sekitar 10 detik sebelum Anda perlu mengaplikasikan semen. Setelah itu, Anda akan langsung memasukkan pipa ke dalam fitting. Lanjutkan dengan cepat saat menempelkan pipa PVC; jika semen mulai mengering sebelum Anda siap, aplikasikan kembali. Tinta rotogravure

LAKUKAN pelintir untuk pemasangan yang aman.

Putar pipa seperempat bagiannya saat Anda mendorongnya ke dalam pas. Ini akan memungkinkan lem menyebar, menawarkan ukuran yang lebih pas. Pegang pipa dan paskan bersama dengan kuat setidaknya selama 30 detik; kurang dari itu dan pipa bisa keluar kembali.

LAKUKAN berikan waktu penyembuhan yang cukup.

Setelah menahan pipa di tempatnya selama 30 detik, berikan waktu setidaknya 20 menit sebelum ditangani lebih lanjut agar semen dapat dipasang dengan benar. Lihat petunjuk produk tentang berapa lama lem perlu mengering sebelum Anda dapat menggunakannya untuk proyek Anda, biasanya dalam waktu 24 jam.

Cara Memilih Pintu Garasi Terbaik untuk Rumah Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *