Knowledge, Tips

Bagaimana Cara Memilih Atap Yang Tepat?

Pilihan yang Anda buat tentang bentuk, bahan, dan warna atap Anda akan memiliki implikasi untuk banyak aspek lain dari atap juga – termasuk berapa biayanya, seberapa tahan lama, dan seberapa hemat biaya untuk membuat rumah Anda. Pada akhirnya, Anda menginginkan atap yang terlihat bagus, tahan lama, tidak memakan biaya terlalu banyak, berfungsi untuk mengurangi biaya pemanasan dan pendinginan Anda, tidak membutuhkan banyak perawatan dan murah untuk diperbaiki. Banyak kelongsong atap modern memenuhi sebagian besar hitungan ini, jadi mencapai keseimbangan sebenarnya tidak sesulit kedengarannya.

Berikut adalah beberapa contoh dari apa yang mungkin Anda pertimbangkan ketika merancang dan memilih bahan untuk atap Anda.

Penampilan

Jika Anda tetap berpegang pada tema desain tertentu, banyak keputusan tentang penampilan atap Anda akan disederhanakan. Dalam banyak kasus, orang mendesain atap mereka agar sesuai dengan bagian rumah lainnya dan sekitarnya. Misalnya, atap pinggul yang terbuat dari baja bergelombang akan sesuai dengan rumah era Federasi standar, sedangkan rumah bergaya Mediterania mungkin memiliki atap datar atau yang terbuat dari ubin terakota.

Warna digunakan untuk menonjolkan atau menyamarkan aspek atap – warna terang untuk menonjolkan dan warna gelap untuk menyamarkan. Atap berwarna terang akan membuat atap Anda terlihat lebih besar dan sebaliknya. Di daerah pedesaan, warna atap juga bisa dicocokkan dengan lanskap sekitarnya. Saat memilih warna, penting juga untuk mengetahui bahwa warna gelap akan menyerap panas matahari, sedangkan warna terang akan membantu memantulkannya.

 

Baca Juga: Atap Alderon

Harga Yang Terjangkau

Beberapa bahan atap lebih mahal daripada yang lain. Seperti kebanyakan pilihan yang berkaitan dengan bahan, Anda harus mempertimbangkan manfaat bahan atap yang lebih mahal dibandingkan dengan biayanya. Misalnya, batu tulis adalah bahan atap dengan harga premium. Untuk harga bagaimanapun, Anda mendapatkan atap yang indah untuk dilihat, terbuat dari bahan alami, hemat energi, dan bertahan seumur hidup – atau lebih lama.

Efisiensi energi

Atap Anda memainkan peran besar dalam seberapa banyak panas yang diserap dan ditahan di dalam rumah Anda, dan bagaimana iklim di rumah Anda dikelola. Warna dan bahan atap akan berdampak pada efisiensi energi rumah Anda, terutama jika Anda tinggal di iklim yang hangat. Atap berwarna terang yang terbuat dari atau dilapisi bahan yang memantulkan energi matahari akan membantu menjaga rumah Anda tetap sejuk dalam cuaca panas. Ventilasi yang ditempatkan secara strategis akan menarik udara dingin ke atap Anda dan mendorong keluarnya udara hangat.

Untuk merancang rumah hemat energi, Anda perlu mempertimbangkan bagaimana kontrol iklim akan bekerja di seluruh rumah – atap hanyalah salah satu aspek dari rumah hemat energi, bahkan jika itu sangat penting.

Persyaratan dan iklim lokal

Sebelum membangun, penting bagi Anda untuk memeriksa dengan dewan lokal Anda tentang apakah ada peraturan bangunan terkait atap atau rekomendasi untuk rumah di daerah Anda. Rumah yang dibangun di daerah rawan kebakaran hutan dan/atau topan perlu memasukkan fitur tertentu ke dalam atapnya (seperti pelindung daun untuk selokan) untuk membantu menjaga rumah dan penghuninya tetap aman.

Jika Anda tinggal di daerah pegunungan atau yang mengalami hujan deras, kemiringan atap Anda harus lebih curam untuk mendorong hujan dan salju turun. Pitch atap juga akan mempengaruhi bagaimana atap Anda bertahan dalam menghadapi angin kencang. Untuk mendapatkan beberapa ide, berkelilinglah di sekitar lingkungan dan lihat jenis atap yang digunakan orang lain dengan rumah serupa.

Bahkan mungkin ada batasan warna atau bahan di daerah Anda. Beberapa dewan membatasi warna yang dapat Anda pilih untuk digunakan, untuk membantu mempertahankan tampilan dan nuansa lingkungan secara keseluruhan.

Kesimpulan

Atap rumah sering kali ditentukan hanya oleh jenis rumah yang Anda bangun, dan memilih atap jarang sesulit kedengarannya. Sebagian besar rumah di Australia menggunakan atap baja, ubin terakota atau ubin beton – meskipun tidak ada yang menghentikan Anda untuk mempertimbangkan pilihan lain jika Anda menginginkan tampilan atau efek yang berbeda. Arsitek atau pembangun Anda akan dapat memberi tahu Anda lebih lanjut tentang masalah seperti kesesuaian, efisiensi energi, dan harga.

 

Kunjungi Juga: Atap Polycarbonate