Knowledge

Pengisian Ulang Alat Pemadam Kebakaran Yang Harus Diketahui Setiap Orang

Kita cenderung menganggap alat pemadam kebakaran sebagai konstanta – mereka selalu ada di dekat kita, siap dan menunggu jika terjadi kebakaran. Namun kenyataannya, alat pemadam kebakaran seringkali belum siap, karena belum dirawat dengan baik. Ada banyak cerita tentang orang-orang yang mencoba memadamkan api tahap awal dengan alat pemadam portabel hanya untuk mengetahui terlambat bahwa alat pemadam tersebut tidak diisi – bahkan jika itu belum pernah digunakan sebelumnya.

Setiap orang mulai dari pemilik rumah hingga pemilik bisnis perlu memahami pentingnya pengisian ulang alat pemadam kebakaran. Proses ini merupakan aspek penting dari layanan dan pemeliharaan alat pemadam kebakaran, dan tidak dapat diabaikan.

Kapan dan mengapa alat pemadam kebakaran perlu diisi ulang?

Ada beberapa contoh di mana pengisian ulang alat pemadam kebakaran perlu dilakukan — satu yang jelas dan beberapa kurang umum.

  • Alat pemadam kebakaran perlu diisi ulang segera setelah digunakan. Sekalipun bahan pemadam di dalam tidak sepenuhnya habis, alat pemadam tersebut masih perlu diservis untuk memastikan siap untuk penggunaan berikutnya. Bahkan pelepasan minimal biasanya akan mengakibatkan kebocoran dan akhirnya kehilangan tekanan total yang diperlukan untuk pengoperasian yang benar.
  • Alat pemadam kebakaran perlu diisi ulang secara berkala sepanjang masa pakainya, meskipun belum pernah digunakan. Standar kode NFPA 10 untuk alat pemadam kebakaran portabel dan pedoman layanan produsen memerlukan pemeriksaan internal dan pengisian ulang secara berkala. Untuk alat pemadam api kimia kering bertekanan tersimpan yang paling umum digunakan, pemeriksaan dan pengisian internal ini diperlukan pada enam dan dua belas tahun sejak tanggal pembuatan yang tercantum pada alat pemadam tersebut.
  • Alat pemadam juga perlu diperiksa atau diisi ulang secara internal karena kerusakan atau faktor lingkungan lain yang dapat menyebabkan tekanannya menurun.

Baca Juga: Isi Tabung Apar

Bagaimana cara memeriksa alat pengukur pemadam kebakaran

Anda harus melakukan pemeriksaan alat pemadam kebakaran cepat setidaknya sebulan sekali, dan salah satu faktor terpenting yang harus diperiksa selama pemeriksaan ini adalah pengukur tekanan. Pengukur akan memberi tahu Anda apakah unit memiliki muatan yang kurang, muatan berlebih, atau dalam zona operasional. Anda ingin jarum mengarah ke area hijau untuk penggunaan yang optimal.

Bagaimana proses pengisian ulang alat pemadam kebakaran?

Pengisian ulang alat pemadam kebakaran harus dilakukan oleh seorang profesional terlatih. Perusahaan proteksi kebakaran memiliki peralatan, pelatihan, dan pengetahuan untuk memastikan bahwa alat pemadam api Anda dalam kondisi kerja puncak dan telah diisi ulang dengan benar dengan agen pemadam yang benar.

Inilah yang dapat Anda harapkan saat alat pemadam api Anda diisi ulang. Ini bukan panduan cara mengisi ulang alat pemadam kebakaran, tetapi gambaran umum agar Anda dapat memahami prosesnya.

  • Pertama, pemadam benar-benar diturunkan tekanannya dan agen dikeluarkan dari silinder.
  • Katup pelepasan dilepas dari silinder.
  • Tabung sifon dilepas dari katup dan batang katup serta pegas dilepas.
  • Teknisi membersihkan katup, mengganti o-ring leher katup, dan secara visual memeriksa unit secara internal dan eksternal untuk tanda-tanda kerusakan.
  • Setelah dibersihkan, katup dipasang kembali dengan batang katup baru yang dipasang untuk memastikan tempat duduk yang benar dan menghindari kehilangan tekanan di masa mendatang.
  • Bahan pemadam (air, karbon dioksida, bahan kimia kering, dll.) Diisi ulang menurut beratnya ke jumlah yang sesuai untuk ukuran unit dan seperti yang ditentukan dalam petunjuk pengisian ulang untuk unit itu.
  • Unit diberi tekanan ulang dengan gas bertekanan yang sesuai dan dengan tekanan yang diperlukan untuk unit tersebut seperti yang disebutkan pada petunjuk pengisian ulang.
  • Teknisi menyelesaikan Uji Kebocoran untuk memeriksa tanda-tanda kebocoran dan memasang kembali nosel atau selang pembuangan.
  • Alat pemadam ditimbang lagi untuk memastikan bahwa berat total berada dalam toleransi yang diperbolehkan yang ditunjukkan oleh produsen.
  • Segel tamper baru dipasang pada pin pengaman dan tag isi ulang baru dipasang ke unit dengan setiap label yang menunjukkan berat total unit dan identitas teknisi yang menyelesaikan pekerjaan.

Salah satu cara paling sederhana untuk membantu melindungi rumah atau bisnis Anda dari kebakaran tahap awal adalah dengan memastikan alat pemadam kebakaran Anda diisi dan dipelihara dengan benar.

Pemilik rumah: Bawa alat pemadam kebakaran Anda untuk diisi ulang dan diservis kapan saja, tidak perlu janji!

Pemilik Bisnis: Siapkan pelacakan dan servis pemadam api dengan Impact Fire, dan teknisi kami akan mendatangi Anda saat waktunya servis – tidak perlu menjadwalkan janji temu atau ingat untuk membawa peralatan Anda.

Cek Juga: Isi Ulang Pemadam Kebakaran

Leave a Reply

Your email address will not be published.