Mengenal Apa Itu Pipa PVC Dan Kegunaannya

Sejumlah orang mulai mencari informasi seputar pipa PVC dan kegunaannya. Hal ini menjadi sesuatu yang biasa, mengingat pipa PVC menjadi salah satu produk yang sering digunakan, terutama untuk dijadikan saluran air.

Adanya informasi mengenai pipa PVC dan kegunaannya juga akan memberi kemudahan bagi siapa saja yang ingin menggunakannya suatu saat. Namun, jika seandainya Anda juga ingin mengenal hal serupa, maka tidak ada salahnya untuk mengenal terlebih dahulu.

Pada jaman yang semakin canggih seperti sekarang ini, mengenal apa itu pipa PVC dan kegunaannya menjadi salah satu informasi penting yang ada baiknya untuk dikenal oleh banyak orang. ini menjadi bukti bahwa penerapan pipa PVC juga berhubungan dengan pengertiannya. Maka dari itu, mengenal informasi ini menjadi suatu hal yang sangat penting bagi banyak pihak.

Cek Juga: Supplier Pipa PVC

Seandainya Anda ingin menggunakan pipa PVC sebagai saluran air, maka pahami terlebih dahulu apa itu pipa PVC dan kegunaannya merupakan hal yang penting. Dengan memahami kegunaan dari pipa PVC, maka nantinya Anda tidak akan salah mendefinisikannya. Hal ini juga akan sangat membantu disaat Anda masih merasa biasa dengan hal yang satu ini.

Apa Itu Pipa PVC dan Kegunaannya

Seperti yang telah dibeberkan di atas, pipa PVC dan kegunaannya menjadi salah satu informasi penting yang ada sebaiknya untuk Anda ketahui. Dengan mengetahui informasi seputar pipa PVC, maka Anda tidak akan salah dalam memilih dan memahami seperti apa pipa ini sesungguhnya. kegunaannya pun perlu diketahui, dengan tujuan yang sama yaitu memahaminya.
Jika Anda ingin mengenal pipa PVC dan kegunaannya, maka tidak perlu khawatir. Ada informasi seputar kedua hal ini yang telah disediakan khusus untuk Anda. Ini dia informasi seputar pipa PVC dan kegunaannya.

1. Apa Itu Pipa PVC

Pipa PVC (PolyVinyl Chloride) merupakan produk termoplastik yang pertama kali digunakan untuk saluran air dan pipa PVC merupakan jenis pipa yang paling banyak digunakan hingga sekarang ini. Hal demikian dikarenakan pipa PVC menawarkan banyak sekali manfaat. Pipa ini dibuat dari bahan baku berupa polivinil klorida yang juga dapat disebut dengan PVC. Material ini merupakan salah satu produk polimer termoplastik pada urutan ketiga. Kelebihannya adalah mempunyai harga murah serta mudah untuk dirangkai. Maka dari itu tidak heran seandainya digunakan di banyak tempat.

2 Kegunaan Pipa PVC

Seperti yang telah dibeberkan di atas, pipa PVC terbuat dari bahan Polivinil Klorida. Pipa yang satu ini juga mempunyai beberapa kegunaan yang dapat kita rasakan secara langsung. Berikut ini beberapa kegunaan dari pipa PVC.

  • Menjadi saluran supply untuk air bersih atau air kotor/buangan.
  • Menjadi pelindung kabel listrik yang ditanam di tanah atau dinding rusak, yang sifatnya tidak berkarat atau membusuk pengaruh dampak alam dan cuaca.
  • Dapat digunakan untuk penerapan tekanan tinggi seperti sprinkler, saluran bahan kimia, irigasi, dan air minum.
  • Dapat digunakan untuk penerapan tekanan menengah seperti venting pada bangunan, pembuangan, irigasi, dan air minum.
  • Menjadi saluran bahan kimia dengan beragam jenis fungsi kegunaan.
  • Dapat digunakan untuk tekanan rendah seperti air hujan, pembuangan air di jalan raya, pembuangan bahan kimia. Pembangunan limbah dan selokan.
  • Diaplikasikan oleh Telkom untuk Telkom Duct System (Subduct System).

Kelebihan Dari Pipa PVC

Sebagian informasi seputar pipa PVC dan kegunaannya seperti yang ada di atas dapat Anda maksimalkan. Akan tetapi, Anda juga dapat mengenal beberapa kelebihan dari produk ini, pun dapat dirasakan secara langsung. Ini dia beberapa keunggulan yang dapat Anda dapatkan dengan menggunakan pipa PVC.

1. Prosedur Instalasi Mudah

Diperbandingkan produk pipa dari bahan besi, pipa PVC memiliki prosedur pemasangan yang lebih mudah. Bahan pembuatannya adalah thermoplastik, sehingga membuatnya lebih mudah untuk dipotong tanpa memerlukan biaya besar dan kesulitan tertentu. Selain itu, pipa ini ringan dan mudah dibawa.

2. Anti Korosi

Pipa ini mempunyai karakteristik, yaitu anti korosi. Di samping itu, bahan pembuatan pipa PVC juga tahan pada bahan kimia tertentu, misalkan alkali dan beberapa senyawa kimia lainnya.

3. Tidak Menghantarkan Nyala Api

Pipa PVC jika terbakar tidak akan meneruskan spot nyala api. Malah spot api tersebut bisa padam dengan sendirinya.

4. Permukaan Licin

Pipa ini mempunyai permukaan yang licin. Dengan demikian kecepatan aliran di dalamnya konstan, tidak memunculkan endapan kotoran, tidak mudah tergerus pengaruh adanya partikel tertentu dan tahanan alirannya pun kecil.

Beberapa hal seputar pipa PVC dan Kegunaannya di atas telah Anda kenal. Anda dapat memakai pipa PVC untuk berbagai kepentingan. Anda juga dapat menyesuaikan ukuran pipa dengan keperluan yang ada, sehingga nantinya tidak salah pilih. Hal ini juga dapat membuat penerapan pipa PVC semakin maksimal dan cocok dengan keperluan dan kebutuhan Anda. Sekian pembahasan singkat mengenai apa itu pipa PVC dan kegunaannya.

Kunjungi Juga: Distributor Pipa Wavin

Tinggalkan Balasan