5 Tips Memilih Rental Mobil untuk Perjalanan Berlibur Anda

Siapa yang tidak motivasi jika membicarakan soal liburan? Berbagai keperluan bahkan mulai dipersiapkan mulai dari pakaian, uang saku, sampai akomodasi. Begitu juga dengan kendaraan yang akan digunakan.

Apabila tiba-tiba mobil di garasi sedang tidak bisa digunakan karena ada masalah teknis, maka tidak perlu khawatir perjalan berlibur Anda akan gagal. Karena ada jasa rental mobil yang dapat Anda gunakan.

Tetapi jangan buru-buru, karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu ketika Anda ingin memilih rental mobil. Mari kita simak review selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Sewa Avanza

1. Bandingkan Harga Sewanya

Sebelum memilih rental mobil, sangat penting untuk mencari acuan seputar harga sewa yang ditawarkan oleh setiap jasa rental yang ada di kota Anda. Ini penting agar Anda dapat mendapatkan harga sewa yang miring atau di bawah budget Anda.

Sewa mobil sekarang ini sangat fleksibel, harganya dapat disesuaikan dengan keperluan Anda termasuk durasi penggunaan. Mulai dari per 6 jam, 12 jam sampai 24 jam yang biayanya berkisar antara Rp 150.000 sampai Rp 450.000.

Jangan dulu senang jika ada rental mobil yang menawarkan sewa harga murah tetapi harga tersebut tidak masuk akal. Perlu diwaspadai dan hati-hati karena ditakutkan akan ada yang tidak beres ketika diperjalanan. Misalkan mesin mobil rusak. Bukankah ini malah akan membuat liburan Anda terhambat?

Boleh saja mencari yang murah. Tetapi jangan juga terlalu mudah percaya karena ada kemungkinan harga murah tersebut merupakan perangkap. Jadi lebih cerdaslah dalam memperbandingkan harga sewa rental mobil dengan keperluan Anda.

2. Sewa Jauh-jauh Hari

Mempersiapkan liburan itu ada sebaiknya jangan mendadak, terutama lagi soal sewa mobil. Nah, untuk memilih rental mobil, Anda bahkan perlu memastikan kapan dan berapa lama mobil rental akan disewa. Termasuk juga memastikan kapan waktu Anda akan menyewa mobil.

Karena jika hari libur, akhir minggu, dan tanggal merah, umumnya permintaan sewa mobil meningkat. Oleh karena itu, lakukan booking ke tempat rental mobil supaya Anda bisa menentukan ketersediaan mobil. Sehingga disaat berangkat sudah dapat dipastikan mobilnya siap dan dapat digunakan.

Dengan menyewa jauh-jauh hari sebelumnya, Anda dapat terhindar dari permainan harga sekaligus bisa menyesuaikan dengan budget yang telah disiapkan. Ada baiknya juga untuk melakukan konfirmasi harga sebelum memilih rental mobil.

Simak Juga: Rental Mobil

3. Pilih Mobil Sesuai Keperluan

Semakin besar mobil yang disewa maka semakin besar pula budget yang harus Anda keluarkan untuk sewa mobil termasuk lamanya penggunaan. Maka sebelum memilih mobil sewa, pertimbangkan siapa saja yang akan turut berlibur dan berapa banyak penumpangnya.

Lalu kemana saja tujuan liburannya, suapaya disaat memilih rental mobil dapat disesuaikan dengan keperluan.

Dan tidak lupa supaya budget untuk menyewa mobil cukup. Selain itu supaya sewa mobil tidak mubazir. Misalkan saja ketika sewa mobil yang kecil terbukti tidak cukup untuk menampung barang bawaan dan juga anggota keluarga yang ikut hingga membuat acara liburan jadi kurang nyaman.

4. Tanyakan Kondisi dan Fasilitas Mobil yang Akan Disewa

Mengetahui kondisi mobil sebelum kunci mobil diberikan merupakan hal paling penting disaat memilih rental mobil. Anda harus menanyakan dengan teliti mengenai kondisi mobil yang akan Anda gunakan tersebut.

Jika memang ada kekurangan mobil, Anda dapat langsung minta ganti mobil yang memang layak untuk digunakan. Misalkan saja body yang baret, kondisi ban dan juga mesinnya.

Supaya dijalan tidak terjadi hal-hal yang tidak diharapkan, misalkan saja jika mogok karena mesin yang sesungguhnya tidak layak jalan. Jika mobil telah Anda gunakan dan mengalami kerusakan, itu akan menjadi tanggungan Anda sebagai penyewa.

Jadi harus lebih teliti dan menanyakan kondisi mobil tersebut dengan jelas, agar Anda tidak dirugikan.

Jangan lupa juga untuk menanyakan fasilitas yang Anda temukan dengan harga sewa mobil tersebut. Apakah rental mobil lepas kunci tanpa supir, plus supir hingga paket sewa plus bahan bakarnya sekaligus. Tanyakan dengan jelas asilitas apa saja yang akan Anda dapat supaya tidak terjadi kesalahpahaman.

5. Kenali Syaratnya Apa Saja

Sesudah memilih rental mobil yang cocok dengan budget, maka tanyakan apa saja persyaratan yang harus Anda penuhi sebagai penyewa. Umumnya persyaratan yang diajukan oleh pemilik rental mobil cukup detil, termasuk minta identitas diri Anda yang orisinil.

Karena sekarang ini banyak tindak kriminal yang terjadi dengan modus sewa mobil. Jadi ikuti dan penuhi saja persyaratan yang diajukan. Tetapi jika sudah punya kenalan, biasanya syaratnya tidak terlalu ribet tanpa persyaratan bahkan bisa tanpa syarat apapun. Karena menggunakan asas saling percaya, jika sudah seperti itu jangan sampai melanggar kepercayaan tersebut, ya.

Penutup

Disaat memilih rental mobil memang cukup membingungkan dan terkadang banyak perangkap. Untuk itu, sering-seringlah mencari informasi seputar jasa sewa mobil yang terpercaya kualitas layanannya supaya Anda tidak kecewa.

Ada sebaiknya juga minta acuan dari teman dekat atau anggota keluarga lain yang pernah menggunakan jasa rental mobil. Karena dengan menjadi lebih teliti disaat memilih rental mobil, maka bisa menyelamatkan Anda dari hal-hal tidak terduga.

Kunjungi Juga: Sewa Mobil Jakarta

Tinggalkan Balasan